Saturday, January 5, 2013

Latar Belakang Kedatangan Bangsa Eropa Ke Dunia Timur

Pada kesempatan ini akan posting tentang Latar Belakang Kedatangan Bangsa Eropa Ke Dunia Timur. ini merupakan bab baru di kelas 10 tepatnya ada di semester 2. materi ini termasuk sejarah juga karena ada voc, portugis, sama seperti di smp juga ya, nggak papa deh kan enak tinggal mengulang tapi buat adik-adik smp yang mau baca monggo.

      Pada permulaan abad pertengahan (500 M), bangsa Eropa sudah mengenalhasil bumi dari dunia Timur, terutama rempah-rempah yang berasal dariIndonesia. Pada awalnya hasil bumi dari Indonesia dan wilayah lain di Asiasampai ke Eropa karena adanya sistem perdagangan berantai . Para pedagangIndia, Persia, dan Arab membawa barang dagangan dari bandar-bandarIndonesia menuju Teluk Persia dan Laut Merah. Selanjutnya, barang dagangandiangkut melalui darat oleh para pedagang Persia dan Arab ke pelabuhan-pelabuhan di pantai Laut Tengah bagian timur, seperti Iskandariah, Tyre, Sidon, dan Konstantinopel. Para pedagang Eropa kemudian membelinya danmembawanya ke pelabuhan di Eropa Selatan, seperti Venesia dan Genoa . DariVenesia dan Genoa, barang dagangan dipasarkan ke Eropa Barat dan EropaUtara.

    Hubungan perdagangan antara Eropa dan Asia Barat melalui Laut Tengahmengalami kemunduran setelah terjadi Perang Salib (1096–1291). Pada saatitu terjadi permusuhan antara Eropa (Kristen) dan Asia Barat (Islam). SesudahPerang Salib selesai, muncullah kekuasan baru di Kekalifahan Timur, yaitukekuasaan Turki Usmani. 

    Bangsa Turki Usmani menjadi penguasa di Mesir,Palestina, Syria, Mesopotamia, dan Asia Kecil. Bahkan, Kerajaan Byzantium(Romawi Timur) dengan ibu kota Konstantinopel jatuh ke tangan Turki (1453).Oleh karena itu, seluruh Jazirah Balkan dapat dikuasai oleh Turki. Dengandemikian,hubungan perdagangan antara Eropa dan dunia Timur melalui LautTengah seluruhnya di bawah pengawasan Turki.Bangsa Turki mempersulit kedatangan para pedagang Eropa di daerahkekuasaannya. Akibatnya, perdagangan antara Eropa dan dunia timur mengalamikemunduran, bahkan terputus. Wilayah di sekitar Laut Tengah yang sebelumnyaramai dikunjungi para pedagang dari berbagai negara menjadi sepi. Hal inimenyebabkan keguncangan perekonomian di wilayah sekitar Laut Tengah(Mediterania). Perekonomian di wilayah Mediterania mengalami kemerosotan.Kemunduran perdagangan di Laut Tengah dan terputusnya hubunganantara dunia Timur dan Eropa menimbulkan kesulitan bagi bangsa Eropa untuk mendapatkan rempah-rempah. Akibatnya, rempah-rempah dari dunia Timurmenjadi barang langka dan harganya sangat mahal. Hal itu tentu sajamenimbulkan kegoncangan perekonomian di Eropa. Dampak lainnya,mendorong bangsa Eropa mencari dunia Timur sebagai tempat komoditasrempah-rempah melalui penjelajahan samudera.

Bisa disimpulkan bahwa Latar Belakang Kedatangan Bangsa Eropa Ke Dunia Timur :


1 Jatuhnya kota Konnstantinopel tahun 1453 ke tangan penguasa Turki Usmani >> rempah-rempah langka dan mahal.
2. Kisah perjalanan Marcopolo kedunia Timur (dari Cina melalui lautan)
3.Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo (bumi itu bulat)
4.Penemuan Kompas (penunjuk arah mata angin)
5.Semangat Renconguesta : semangat pembalasan terhadap kekuasaan Islam dimanapun yang dijumpainya.

3 comments:

  1. Thanks gan infonya, lumayan buat nambah-nambah materi presentasi.

    ReplyDelete
  2. Kesimpulannya masih perlu di perjelas. Tapi makasih snagat membantu:)

    ReplyDelete
  3. ini yang buat siapa nya pusing gua

    ReplyDelete

 
Copyright © | Zona Ngelmu IPS
Powered by Blogger