Wednesday, January 2, 2013

Bentuk Pengendalian Konflik Sosial

ketemu lagi deh, langsung saja berikut bentuk pengendalian konflik sosial. ada beberapa bentuk sih untuk selengkapnya cekidot kebawah deh.

Bentuk pengendalian konflik sosial :

a. Gosip atau desas-desus
Gosip atau desas –desus adl proses pengendalian sosial atau kontrol sosial yang berupa kritik sosial yang dilontarkan secara tertutup kepada individu-individu atau kelompok masyarakat yang sikap dan perilakunya menyimpang dari nilai-nilai dan norma-norma sosial.

b. Teguran
Teguran adalah bentuk pengendalian sosial atau kontrol sosial berupa kritikan sosial yang dilontarkan secara terbuka terhadap individu-individu warga masyarakat yang berperilaku menyimpang.Tujuan teguran adl agar si pelaku sesegera mungkin menyadari kesalalahannya.

c. Hukuman (puinisment)
Hukuman merupakan sanksi keras yang diberikan kepada para pelaku pelanggaran ,baik secara tertulis maupun tidak tertulis.Pada lembaga formal,hukuman dijatuhkan oleh pengadilan.Sedangkan pada lembaga non formal oleh lembaga adat.dengan adanya sanksi hukum yang tegas,biasanya akan membuat jera bagi para pelanggarannya,sehingga mereka tidak berani lagi mengulangi perbuatanmya.

d. Pendidikan
Pendidikan adalah media pengendalian sosial yang telah melembaga baik di lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat.Pendidikan pada hakikatnya merupakan proses mempelajari dan menghayati nilai-nilai dan noma-norma sosial yang berlaku dalam kehidupan masyarakat.Pendidikan cukup kuat terhadap pembentukan sikap dan perilaku9kepribadian0 individu-individu warga masyarakat.Oleh karena itu,pendidikan berperan penting dan menentukan dalam proses pengendalian sosial.

e. Agama
Agama merupakan pedoman hidup untuk meraih kebahagian didunia dan di akhirat.Ajaran agama mempengaruhi sikap dan perilaku para penganutnya.Oleh karena itu,norma agama merupakan pedoman dan pengarah bagi manusia dalam sikap dan berperilaku sehari-hari di masyarakat.


Semoga bermanfaat.

2 comments:

 
Copyright © | Zona Ngelmu IPS
Powered by Blogger