Saturday, January 5, 2013

Kekuasaan Portugis di Indonesia

Pada kesempatan ini zona ngelmu akan berbagi tentang Kekuasaan Portugis di Indonesia. juga dibawah ada sebab mengapa portugis diusir dari maluku. kekuasaan portugis di indonesia adalah sebelum sepanyol. Melalui penjelajahan samudra, bangsa Portugis berhasil mencapai India(Kalikut) pada tahun 1498.Bangsa Portugis berhasil mendirikan kantordagangnya di Goa (1509). 

Pada tahun 1511 Portugis berhasil menguasaiMalaka. Selanjutnya, Portugis mengadakan hubungan dagang dengan Maluku yang merupakan daerah sumber utama rempah-rempah di Indonesia.Pada tahun 1512 Alfonso de Albuquerque mengirimkan beberapa buahkapal ke Maluku. Pada awalnya masyarakat Maluku menyambut baik dan salingberebut menanamkan pengaruh kepada Portugis. Hal ini dimaksudkan agar Portugis dapat membeli rempah-rempah dan membantu masyarakat Malukumenghadapi musuh-musuhnya.

Pada saat itu, Kesultanan Ternate di Maluku diperintah oleh Kaicil Darus.Sultan Ternate itu meminta bantuan Portugis untuk mendirikan benteng diTernate. Pendirian benteng tersebut bertujuan agar Ternate terhindar darikemungkinan serangan dari daerah lain. Pada tahun 1522, Portugismengabulkan permintaan Sultan Ternate dengan mendirikan Benteng Saint John . Pendirian benteng tersebut harus dibayar mahal oleh Ternate karenaPortugis menuntut imbalan berupa hak monopoli perdagangan rempah-rempahdi Ternate. Sultan Ternate terpaksa harus menandatangani perjanjian monopoliperdagangan dengan Portugis.

Perjanjian monopoli perdagangan rempah-rempah tersebut ternyatamenimbulkan kesengsaraan. Rakyat tidak dapat menjual rempah-rempah secarabebas. Portugis telah menetapkan harga rempah-rempah yang dimiliki rakyatdengan harga yang murah. Di samping itu, rakyat Ternate harus menjualrempah-rempah kepada Portugis. Hal itu merugikan rakyat Ternate, tetapimemberikan keuntungan yang sangat besar bagi Portugis. Oleh karena itu, terjadipermusuhan antara rakyat Ternate dan Portugis.Selain mengadakan monopoli perdagangan rempah-rempah di Maluku,Portugis juga aktif menyebarkan agama Katolik. Salah seorang tokoh Portugis yang giat menyebarkan agama Katolik adalah Fransiscus Xaverius.

Sebab diusirnya Portugis dari Maluku : ?
  • Portugis memonopoli perdagangan cengkih sehingga merugikan Ternate
  • Sultan Hairun dibunuh Portugis dengan cara licik di Benteng Sao Paolo
  • Penyebaran agama oleh bangsa Portugis

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © | Zona Ngelmu IPS
Powered by Blogger