Tuesday, January 1, 2013

Definisi Struktur Sosial

Alhamdulilah blog saya sudah jadi walaupun masih kosong mlompong belum ada isininya. pada kesempatan ini saya akan posting pertama kali yaitu tentang definisi struktur sosial. apa sih struktur sosial itu? pada dasarnya setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangan. Kekurangan inilah yang menyebabkan manusia tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri dan mereka harus hidup bersama/bermasyarakat, individu-individu tersebut memiliki status dan peran tertentu.

Definisi :

Struktur sosial berasal dari kata structum yang berarti menyusun, membangun untuk sebuah gedung dan lebih umum dipakai istilah konstruksi yang berari kerangka. Kata konstruksi memang tidak lazim untuk bangunan masyarakat, sebagai istilah ilmiah dipakai kata struktur sosial.

Secara harfiah struktur bisa diartikan sebagai susunan/bentuk, struktur tersebut tidak harus berarti fisik, struktur juga berkaitan dengan sosial. Menurut ilmu sosiologi, struktur sosial adalah tatanan sosial yang membentuk kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat, bisa vertikal atau horisontal. Contoh susunan sosial yang vertikal adalah adanya kelompok orang kaya, menengah dan miskin. Contoh susunan sosial yang horisontal adalah adanya kelompok aki-laki, perempuan, kelompok orang beragama Islam, Katolik dan sebagainya.

Pendapat Para Ahli :

Para ahli sosiologi merumuskan definisi struktur sosial seagai berikut:

a. George Simmel: struktur sosial adalah kumpulan individu serta pola periakunya.

b. George C. Homans: struktur sosial merupakan hal yang memiliki hubungan erat dengan perilaku sosial dasar dalam kehidupan sehari-hari.

c. William Kornblum: struktur social adalah susunan yang dapat terjadi karena adanya pengulangan pola perilaku individu.

d. Soerjono Soekanto: struktur sosial adalah hubungan timbal balik antara posisi-posisi dan peranan-peranan sosial.

Unsur Yang Mempengaruhi :

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa setiap struktur sosial yang muncul di dalam kehiupan masyarakat bisa terjadi karena ada unsur-unsur berikut:

1. Individu

Individu sebagai pembentuk masyarakat dalam hal ini juga bertindak selaku pembentuk struktur sosial.

2. Interaksi

Pola interaksi sosial antaraindividu dalam masyarakat juga membentuk struktur sosial, disini akan ditentukan apakah struktur sosial yang terbentuk mengarah pada integrasi ataupun disintegrasi.


terimakasih atas kunjunganya semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © | Zona Ngelmu IPS
Powered by Blogger