Tuesday, January 1, 2013

Fungsi Struktur Sosial

Struktur sosial merupakan tatanan sosial yang membentuk kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat, bisa vertikal atau horisontal. struktur sosial juga mempunyai fungsi. ada beberapa jenis fungsi struktur sosial, meliputi fungsi identitas, fungsi kontrol, dan fungsi pembelajaran. berikut penjelasanya mengenai ketiga fungsi tersebut.
Fungsi Struktur Sosial :

1. Fungsi Identitas

Setiap kebudayaan memiliki struktur sosialnya masing-masing. Strukrtur sosial berbagai sebagai penegas identitas yang dimiliki oleh sebuah kelompok. Kelompok yang anggotanya memlii kesamaan dalam latar belakang ras, sosial, dan budaya akan mengembangkan struktur soasialnya sendiri sebagai pembeda dari kelopok lainnya.

Contohnya, kebuaayaaan Minangkabau menganut system matrilinial (kekerabatan berdasarkan garis keturunan ibu). Ini berbeda dengan system kebudayaan lainnya yang mayoritas menganut patrilineal. Perbedaan semacam ini akn membangun struktur sosial yang berbeda pula dengan kebudayaan lainnya.

2. Fungsi Kontrol
Struktur bias berfungsi untuk mengontrol individu yang berada di ddalam struktur tersebut. Dalam kehidupan bermasyarakat, selalu muncul kcenderungan dalam diri individu untuk melanggar norma, nilai, atau peraturan lain. Melanggar aturan yang berlaku, berpotensi untuk menimbulkan konsekuensi yang pahit. Struktur sosial sebagai kontrol. Contoh: kebudayaan Batak melarang perkawinan antara pria dan wanita yang semarga. Orang Batak yang memiliki marga yang sama berarti masih memiliki hubungan saudara.

3. Fungsi Pembelajaran

Individu belajar dari struktur social yang ada dalam kelompoknya, mulai dari sikap, kebiasaan, kepercayaan dan kedisiplinan.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © | Zona Ngelmu IPS
Powered by Blogger