Monday, November 11, 2013

Pola Kehidupan Masyarakat Pra Aksara

     Masyarakat pra aksara adalah gambaran tentang kehidupan manusia-manusia pada masa lampau, di mana mereka belum mengenal tulisan sebagai cirinya. Kehidupan masyarakat pra aksara dapat dibagi dalam beberapa tahap, yaitu: (1) kehidupan nomaden, (2) kehidupan semi nomaden, dan (3) kehidupan menetap. Meskipun demikian, pola kehidupan masyarakat pra aksara tidak dapat dijadikan dasar pembagian zaman. Oleh karena itu, apabila dikaitkan dengan pembagian zaman, maka masyarakat pra aksara hidup pada zaman batu dan zaman logam. 

     Secara garis besar, pembagian zaman pra aksara dapat dibedakan sebagai berikut:

Pembagian Zaman Pra Aksara 
Menurut H.R. Van Heekeren



     Pembagian zaman praaksara di atas, dapat dijadikan dasar dalam menentukan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia. Dengan demikian, kalian dapat belajar berpikir kritis. Misalnya, untuk mendukung pendapat bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah bangsa Melayu, kalian harus memiliki argumen yang kuat, logis, dan objektif. 

     Terlepas dari mana asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan kapan mereka mulai tinggal di wilayah Indonesia, kita harus percaya bahwa nenek moyang bangsa Indonesia telah ribuan tahun sebelum masehi telah hidup di wilayah Indonesia. Kehidupan mereka mengalami perkembangan yang teratur seperti bangsa- bangsa di belahan dunia lain. Tahapan perkembangan kehidupan masyarakat pra aksara di Indonesia adalah sebagai berikut, klik link berikut untuk penjelasan secara lanjut :


Sekian dari ZonaNgelmu semoga bermanfaat dan tambah rajin belajarnya agar bisa meneruskan perjuangan bangsa. selamat hari pahlawan !!

1 comments:

  1. Merkur 15C Safety Razor 15C Review - Curling
    The 1xbet korean Merkur 15C 메리트 카지노 is a high-tech shaving system that lets you quickly and easily 카지노사이트 customize your shave. The Merkur 15C is an obvious favorite €22.95 · ‎In stock

    ReplyDelete

 
Copyright © | Zona Ngelmu IPS
Powered by Blogger