Sunday, January 13, 2013

Instrusi dan Ekstrusi Magma, Bentuk Gunung Berapi

Alhamdulilah Zona Ngelmu IPS pada kesempatan ini akan berbagi tentang Instrusi dan Ekstrusi Magma, Bentuk Gunung Berapi panjang banget ya judulnya, ya mau gimana lagi kan juga biar jelas, oke tanpa basa-basi berikut selengkapnya :
  • Instrusi dan ekstrusi magma 
Di dalam kulit bumi, di bawah gunung api terdapat rongga besar dengan dinding tidak beraturan disebut dapur magma. Dapur magma berisi benda cair liat sangat panas, yang disebut magma. Magma yang mencapai permukaan bumi disebut lava. Lava pijar yang keluar dari gunung api, suhunya masih sangat tinggi yaitu masih beberapa ratus drajad celsius. Setelah beberapa lama suhu lava makin dingin dan akhirnya membeku menjadi batuan beku. Magma yang menerobos atau menyusup menuju permukaan bumi ada yang membeku sampai di permukaan bumi, tetapi ada pula yang sudah membeku sebelum sampai ke permukaan bumi. Apabila penyusupan magma tersebut tidak mencapai permukaan bumi disebut intrusi magma, dan bila sampai di permukaan bumi disebut ekstrusi magma. berikut gambar instrusi magma 


  • Bentuk gunung api 
Menurut bentuknya gunung api digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu 

a. Gunung api perisai, yaitu gunung api yang bentuknya seperti perisai atau tameng. Gunung api ini lerengnya sangat landai. Contoh: G. Maona Loa di Hawaii. Erupsi yang dimikian disebut erupsi efusif.  

berikut gambar tentang Gunung api perisai :



b. Gunung api strato, yaitu gunung api yang berbentuk seperti kerucut. Gunung semacam ini makin lama akan makin bertambah tinggi. Pada umumnya gunung api di Indonesia termasuk jenis gunung api strato. 

berikut gambar tentang  Gunung api strato :

c. Gunung api maar, yaitu gunung api yang lubang kepundan berbentuk corong. Contoh: Gunung Paricutin di Meksiko, Gunung Rinjani di Nusa Tenggara. Bila dasar dan dinding corong kepundan tak dapat ditembus air maka akan terbentuk danau kawah, seperti pada G. Rinjani.

berikut gambar tentang Gunung api maar :


trimakasih atas kunjunganya semoga bermanfaat. ^_^

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © | Zona Ngelmu IPS
Powered by Blogger